Pantai Tanjung Layar

Buat photographer atau kalian yang suka berburu foto indah, desa ini jelas sangat memanjakan kalian. Dengan begitu banyaknya spot foto yang sangat instagrammable, desa ini kemudian berkembang menjadi sebuah desa wisata yang terkenal karena keindahannya bahkan sampai ke mancanegara. Desa ini bernama Desa Sawarna yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Lokasinya berada sekitar 280 km dari Jakarta dan dapat ditempuh melalui jalur Kota Sukabumi ataupun melalui jalur Kota Serang.

Keindahan desa ini dengan destinasi unggulannya mampu memikat hati wisatawan baik local maupun mancanegara. Bahkan kemudian Desa Wisata Sawarna bahkan kemudian ditetapkan sebagai salah satu dari Banten 7 Wonders oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten. Banten 7 Wonders sendiri merupakan 7 destinasi wisata Banten unggulan yang berada di Banten, yaitu Anyer-Carita, Tanjung Lesung, Taman Nasional Ujung Kulon, Desa Wisata Sawarna, Masyarakat Adat Suku Baduy, Kesultanan Banten, dan Cisadane Tangerang.

Ngomong-ngomong tentang asal usul nama Sawarna itu ternyata ada beberapa pendapat yang berbeda lho. Menurut cerita sih, sejarahnya itu tidak lepas dari nama terkenal Van Gogh, lebih tepatnya Jean Louis Van Gogh yang merupakan sepupu dari Vincent Van Gogh sang pelukis legenda dunia. Van Gogh saat itu mempunyai perkebunan kelapa dipinggir Pantai Tanjung Layar dan Pantai Ciantir. Jean Louis Van Gogh membuat perbedaan logat dalam percakap sehari-harinya dengan penduduk setempat yang dalam bahasa Sunda disebut “Sorana” atau suaranya. Tapi ada juga pendapat yang lain lho, nama Sawarna itu diambil dari nama Raden Sawarna yaitu seorang bangsawan yang tinggal di desa tersebut. Ada lagi niy pendapat lain, katanya itu artinya kue warna warni khas desa tersebut yang kemudian dijadikan satu warna atau sewarna. Dari kata sewarna itulah kemudian sering disebut dalam bahasa Sundanya sebagai Sawarna.

Desa Wisata Sawarna mempunyai banyak destinasi yang indah dan terpusat di Kampung Cikoneng. Untuk menuju Kampung Cikoneng tersebut kalian harus melewati sebuah jembatan gantung yang berada diatas sungai. Saat kalian sudah melewati jembatan ini kalian akan menemukan banyak penginapan atau homestay dari rumah tinggal penduduk yang disewakan sebagai tempat istirahat kalian. Jadi, kalian tidak usah cemas memikirkan tempat istirahat ya. Dan itu sudah termasuk makan dan minum disediakan oleh pemilik penginapan tersebut juga lho.

Pantai Pasir Putih Ciantir

Dari Kampung Cikoneng ini kalian akan menuju Pantai Pasir Putih Ciantir yang berjarak sekitar 2 km dengan berjalan kaki ataupun naik motor. O iya, untuk kendaraan mobil hanya bisa sampai di sebelum jembatan gantung tersebut. Tapi jangan khawatir karena banyak penduduk setempat yang menyediakan jasa mengantar dengan menggunakan motor. Pantai pasir putih ini mempunyai garis pantai yang sangat panjang dengan pasir yang halus dan ombak laut selatan dengan deburan yang kencang. Pantai ini menjadi tujuan utama para peselancar baik lokal maupun dunia karena memiliki ombak yang sesuai untuk surfing.

Pantai Tanjung Layar

Nah kemudian dari Pantai Pasir Putih kalian tidak boleh melewatkan destinasi yang menjadi icon utama Desa Wisata Sawarna yaitu Pantai Tanjung Layar. Ciri khas pantai ini adalah dua batu karang raksasa yang membentuk layar kapal terkembang. Selain itu juga terdapat hamparan karang indah yang terbentuk alami karena gesekan dengan air selama beribu-ribu tahun lamanya. Pemandangan ini sangat tidak boleh kalian lewatkan. Siapkan kamera kalian karena kalian pasti tidak akan berhenti mengambil momen indah disini. Untuk kalian yang mencintai sunset disini kalian akan menemukan keindahan yang tidak akan pernah kalian temu di tempat lain.

Pantai Karang Taraje

Sedikit berjalan dari Pantai Tanjung Layar kalian juga akan menyaksikan pemandangan luar biasa di Pantai Karang Taraje. Pemandangan hempasan ombak menabrak dinding tebing karang setinggi 5 meter ini merupakan sajian yang sangat luar biasa dan akan sulit dilupakan. Tapi hati-hati selalu ya guys, jangan terlalu dekat dengan ombak karena berbahaya dikhawatirkan akan tergulung dan terbawa ombak yang besar. Karang Taraje sendiri berarti Karang Tangga karena sebagian besar berbentuk menyerupai tangga berundak-undak.

Pantai Legon Pari

Pantai ini masih sangat alami karena aksesnya yang cukup jauh dari pusat Desa Wisata Sawarna. Pantai ini berbentuk letter U dan lebih bisa disebut sebagai Teluk. Kalian tidak akan kecewa pada saat sampai ke pantai ini karena keasrian dan kealamiannya sangat terjaga. Kalian juga bisa mendirikan tenda untuk menginap disini.

Gua Lalay

Selain obyek wisata pantai, Desa Wisata Sawarna juga mempunyai obyek wisata caving yang harus kalian kunjungi juga. Gua Lalay merupakan salah satu gua yang ada di Sawarna. Gua yang dihuni ribuan kelelawar ini (sesuai dengan namanya Lalay dalam bahasa Sunda berarti kelelawar) mampu membuat kalian penasaran pastinya. Kalian bisa melakukan penyusuran gua dengan menyewa senter dan helm yang sudah disediakan oleh pengelola. Kedalaman gua ini mencapai puluhan kilometer tetapi kalian hanya bisa menyusuri sampai sepanjang 300 meteran saja.

Pantai Gua Langir

Belum habis destinasi di Desa Wisata Sawarna ini, masih ada Gua Langir dengan pantainya yang juga tidak boleh kalian lewatkan. Dinamakan Pantai Gua Langir karena merupakan perpaduan dari wisata caving dengan wisata pantai. Gua ini memiliki bebatuan stalagtit yang indah dan memiliki pantai dengan pasir putih yang membentang dengan batas tebing yang indah.

Itu tadi beberapa destinasi di Desa Wisata Sawarna yang bisa kalian kunjungi. Masih terdapat beberapa destinasi lain yang juga tidak kalah indah disekitar Sawarna seperti Pulo Manuk, Karang Bokor dan lain-lain. So, tunggu apalagi Sobat Journey? Desa Wisata Sawarna surga tersembunyi Banten menunggu kalian.