Pulau Sangiang

Liburan tapi bingung mau kemana Sobat Journey? Tidak usah bingung lagi, ini ada pulau yang tidak pernah sepi dari para backpacker dan wisatawan pada akhir pekan dan hari-hari libur. Pulau ini namanya Pulau Sangiang dan terletak di Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Pulau Sangiang secara administratif masuk ke wilayah Desa Cikoneng, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Pada awalnya pulau ini merupakan Cagar Alam yang kemudian berubah menjadi Taman Wisata Alam. Wajar memang, karena pulau ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa indah. Nah ini dia perjalanan wisata Banten menuju spot-spot indah yang ada di Pulau Sangiang, check it out guys!

Kita bisa berangkat menuju Pulau Sangiang dari Pelabuhan Paku, Anyer atau Pelabuhan Lama Green Garden, Anyer dengan menggunakan kapal. Ada berbagai pilihan kapal yang bisa kita gunakan mulai dari kapal kecil yang berkapasitas 15 orang sampai dengan kapal pesiar dengan daya tampung lebih dari 50 orang. Pastinya dengan harga sewa kapal yang berbeda-beda ya.

Perjalanan dari pelabuhan ke Pulau Sangiang memakan waktu hanya sekitar 40 menit saja kok. Kalian yang mabuk dengan laut tidak perlu khawatir karena perjalanannya tidak lama dan sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan indah sepanjang Pantai Anyer dengan Mercusuar Anyernya dan didepan mata kita terhampar indahnya Pulau Sangiang, salah satu surga Banten.

Spot Snorkeling Lagoon Bajo

Belum masuk ke Pulau Sangiang saja kita sudah disuguhi pemandangan bawah laut yang indah banget lho. Pecinta snorkeling pasti tidak akan melewatkan momen seru ini. Lagoon Bajo mempunyai biota laut yang kaya dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Karang dan ikan-ikan hiasnya pasti membuat kita betah berlama-lama dalam air. Dan terlalu sayang kalau kita tidak mengabadikan momen indah bawah laut ini.

Hutan Mangrove Pulau Sangiang

Untuk masuk dan merapat ke dermaga Pulau Sangiang kita akan melewati spot indah layaknya sungai Amazon karena disekeliling kita akan melihat hijaunya hutan bakau dengan pohon-pohonnya yang berukuran besar.

Goa Kelelawar

Setelah masuk ke perkampungan penduduk di Pulau Sangiang kita dapat beristirahat dan membersihkan badan setelah berseru-seruan snorkeling. Kemudian kita akan melanjutkan perjalanan dengan tracking yang juga tidak kalah seru untuk menuju ke spot-spot indah yang sudah menanti. Spot pertama perjalanan tracking kita adalah Goa Kelelawar yang ditempuh hanya sekitar 20 menit perjalanan berjalan kaki. Goa ini merupakan goa yang langsung terhubung dengan lautan lepas. Ratusan bahkan ribuan kelelawar terlihat asyik bermain-main dengan deburan kencang ombak yang melewati goa tersebut. Pada momen tertentu kita juga akan bisa melihat  ikan hiu menepi ke dekat goa untuk menunggu kelelawar jatuh sebagai makanannya. Momen langka ini biasanya terjadi pada pagi hari sampai siang hari. Pastikan kalian juga beruntung bisa menyaksikan momen luar biasa ini.

Puncak Begal dan Bukit Harapan

Meninggalkan Goa Kelelawar setelah tidak lupa pastinya mengabadikan momennya, perjalanan kita akan dimanjakan lagi dengan spot-spot yang lebih indah. Spot berikutnya adalah Puncak Begal dan Bukit Harapan yang menyuguhkan pemandangan indah tebing-tebing Pulau Sangiang. Dari sini terlihat jelas hamparan pantai dengan pasir putihnya dan berlatar belakang bukit dan tebing yang luar biasa indah. Puncak Begal dan Bukit Harapan sangat instagrammable dengan viewnya yang unik dan indah. Sepanjang perjalanan dari spot ke spot disini dijamin kalian tidak akan berhenti mengeluarkan kamera kalian untuk berselfie ataupun mengabadikan pemandangan indahnya.

Pantai Sepanjang

Sudah puas dengan keindahan pemandangan dari atas tebing Pulau Sangiang? Jangan puas dulu lho karena selanjutnya kalian akan menuju Pantai Sepanjang yang juga mempunyai banyak spot instagrammable. Pantai dengan hamparan pasir putih panjang dan deburan ombak pinggir ini mempunyai birunya lautan yang sangat terlihat alami. Ditambah dengan tebing bukit kehijauan sebagai latar belakangnya semakin menambah kealamian dan keindahan pantai indah Banten ini. Di pantai ini mulai banyak disiapkan spot-spot selfie buatan dari kreatifitas penduduk dan pecinta Pulau Sangiang untuk semakin memanjakan kalian berfoto ria.

Jadi, apakah kalian masih bingung dengan liburan kalian setelah tahu keindahan Pulau Sangiang ini? O iya, kalian juga bisa menginap di sekitar pantai lho. Tersedia Camping Ground untuk kalian yang hobby membuka tenda dan Homestay dengan keramahannya yang dikelola oleh pengelola dan penduduk setempat. Segera jadwalkan liburan Sobat Journey ke Pulau Sangiang!