Pelatihan Balawista

Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi Banten memberikan pelatihan sebanyak 150 orang relawan penyelamat wisata pantai yang tergabung dalam Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten, di Pantai Carita Pandeglang.

“Pelatihan yang diberikan oleh Kemenpar dilakukan dalam tiga tahap. Pelatihan ini berlangsung selama lima hari dan berstandar nasional,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati di Serang, Rabu (30/1/2019)

Menurut Eneng, pelatihan tahap pertama berlangsung 21 sampai 25 Januari lalu sebanyak 50 orang relawan, kemudian tahap ke dua saat ini sedang berlangsung sampai dengan 1 Pebruari 2019 dan tahap tiga rencananya akan dilaksanakan pada akhir Pebruari.

Ia berharap dengan adanya pelatihan tersebut akan menambah kemampuan bagi para relawan penyelamat pariwisata pantai di Banten. Selain itu, jumla anggota balawista Banten juga akan bertambah dari jumlah yang sebelumnya hanya 200 orang.

Sementara itu Ketua Balawista Banten Ade Ervin mengatakan, Balawista Banten melatih dan merekrut sekitar 150 relawan untuk membantu pemerintah melayani keselamatan terhadap wisatawan dan masyarakat yang berada di sekitar pantai.
   
Menurut Ade, program perekrutan relawan tersebut sepenuhnya difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi Banten. Dalam perekrutan ini dilakukan pelatihan penyelamatan wisata pantai yang memiliki standar nasional.
     
“Pelatihan ini berstandar nasional, dilakukan selama lima hari atau sebanyak 60 jam pelajaran. Adapun materinya 85 persen praktek lapangan dan 15 persen pemahaman keorganisasian dan teori,” kata Ade ervin.
   
Ade mengatakan, peserta pelatihan berasal dari daerah di sekitar perairan Provinsi Banten, namun prioritas utama di dua kabupaten yaitu Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang.
   
“Ini dilakukan sebagai dukungan balawista kepada pemerintah Provinsi Banten dalam masa recovery pasca bencana tsunami 22 desember 2018 lalu,” kata Ade.
   
Ia berharap setelah berakhirnya masa pelatihan bagi para relawan ini, akan mampu memberikan bantuan pelayanan keselamatan terhadap wisatawan dan masyarakat yang hendak berlibur ke kawasan wisata pantai di Provinsi Banten.[]

Sumber Berita : Dinas Pariwisata Provinsi Banten